Simkomdig 290523

 .Asalm materi simkomdig 06 04 wasalm

.JENIS KOMUNIKASI JARINGAN

Komunikasi dalam jaringan sinkron

Komunikasi dalam jaringan secara real time

menggunakan komputer sebagai media, disebut dengan

komunikasi dalam jaringan serempak/sinkron. Contoh

komunikasi sinkron misalkan aplikasi chat (yahoo

messenger, google talk, MIRc dll), video chat (skype,

line, facetime, google+ hangout, dll).

Komunikasi dalam jaringan asinkron

Komunikasi dalam jaringan secara tunda menggunakan

komputer sebagai media, disebut dengan komunikasi

dalam jaringan tak serempak/asinkron. Contoh

komunikasi asinkron misalnya aplikasi e-mail, video

streaming, dll).

Komunikasi online lebih mengacu pada membaca,

menulis, berbagi video kamera dan konunikasi melalui

jaringan komputer secara sinkron.

TUJUAN KOMUNIKASI DALAM JARINGAN

#1. Memungkinkan pengiriman data dalam jumlah besar

secara efisien, ekonomis dan tanpa kesalahan.

#2. Dukungan pengendalian jarak jauh, sehingga

memungkinkan pengguna mengendalikan komputer dan

perangkat dari jarak jauh.

#3. Penggunaan komputer secara terpusat ataupun

tersebar, sehingga mendukung manajemen dalam hal

kontrol, baik desentralisasi ataupun sentralisasi

#4. Memudahkan pengelolaan, pengaturan pengaturan

data antara dua perangkat atau lebih.

KOMPONEN PENDUKUNG KOMUNIKASI DALAM JARINGAN

Hardware/perangkat keras

Perangkat yang bentuknya dapat dilihat atau diraba oelh

maunusia. contoh : komputer, headset, microphone, dan

perangkat pendukung koneksi internet

Software

Program komputer yang berguna untuk menjalankan

suatu pekerjaan yang dikehendaki. Software digunakan

sebagai perantara antara perangkat keras (hardware)

dengan pengguna (brainware).

Brainware

Brainware adalah pengguna software ataupun hardware

untuk berkomunikasi dalam jaringan.

PENERAPAN KOMUNIKASI DARING

Komunikasi daring atau komunikasi virtual adalah

cara berkomunikasi dimana penyampaian dan

penerimaan informasi atau pesan dilakukan dengan

menggunakan internet, atau melalui dunia maya

(cyberspace). Salah satu bentuk komunikasi virtual

adalah pada penggunaan internet. Internet adalah

media komunikasi yang cukup efektif dan efisien

dengan tersedianya berbagai layanan fasilitas seperti

WEB, CHATTING (mIR chat, yahoo masanger, Gtalk,

dll), E-MAIL, FRIENDSTER, FACEBOOK, dan TWITTER.

Kegemaran berkomunikasi yang bermedia internet ini

menimbulkan suatu komunitas baru yang disebut

komunitas virtual.

   Penggunaan jenis sarana komunikasi akan

mempengaruhi keserempakan waktu komunikasi.

Terdapat 2 jenis komunikasi daring :

1. KOMUNIKASI DARING SINKRON

(Serempak)

adalah komunikasi menggunakan komputer sebagai

media, yang terjadi secara serempak, waktu nyata

(real time).

Contoh komunikasi sinkron :

a. TEXT CHAT : sebuah fitur, aplikasi, atau program

dalam jaringan internet untuk berkomunikasi dan

bersosialisasi langsung sesama pemakai internet

yang sedang daring (yang sama-sama sedang

menggunakan internet). Komunikasi text dapat

mengirim pesan dengan text kepada orang lain

yang sedang daring, kemudian orang yang dituju

membalas pesan text, demikian seterusnya. Itulah

proses terjadinya text chating.

b. VIDEO CHAT : merupakan teknologi untuk

melakukan interaksi audio dan video secara real

time antara pengguna dilokasi yang berbeda. Video

chating biasanya dilakukan melalui perangkat

komputer maupun tablet atau smartphone (juga

disebut telepon video call).

2. KOMUNIKASI DARING ASINKRON (Tak Serempak)

adalah komunikasi menggunakan perangkat

komputer dan dilakukan secara tunda.

Contoh komunikasi daring asinkron adalah E-

MAIL,FORUM,REKAMAN SIMULASI VISUAL, serta

membaca dan menulis dokumen daring melalui

World Wide Web.

A. PELAKSANAAN KOMUNIKASI DARING

1. KOMUNIKASI DARING ASINKRON (Tak Serempak)

adalah komunikasi menggunakan perangkat

komputer dan jaringan internet yang dilakukan

secara tunda. Jenis komunikasi asinkron antara

lain e-mail, forum, blog, jejaring sosial (social

network) dan website. Contohnya menggunakan

email. Alamat e-mail merupakan bagian dari

identitas di dunia maya.

E-mail singkatan dari Electronic-mail yang berarti

surat elektronik disingkat surel. Lebih khusus,

email adalah cara pengiriman data, fail text, foto

digital, file audio, dan video dari satu komputer ke

komputer lainnya dalam jaringan internet.

Kelebihan e-mail dibandingkan surat

biasa

a. e-mail akan langsung terkirim ke

alamat tujuan dalam waktu yang

singkat

b. e-mail dapat menampung lampiran

(attachment) berupa file digital

c. sebagian besar e-mail tidak

memerlukan biaya selain untuk

koneksi internet

Dari segi layanan, terdapat e-mail

gratis dan e-mail berbayar

a. E-mail gratis adalah kegiatan surat

menyurat melalui jaringan internet

tanpa mengeluarkan biaya dalam

penggunaannya. Contoh e-mail gratis

adalah : Yahoo! mail, Gmail,

Livemail, Hotmail, dll.

b. E-mail berbayar adalah kegiatan

surat menyurat melalui jaringan

internet yang dikenai biaya

tambahan.Anda diwajibkan

membayar untuk berlangganan e-

mail dengan layanan yang tidak

didapatkan pada e-mail gratis.

Sebagai contoh Yahoo! mail plus

dengan berbagai layanan tambahan,

antara lain : tambahan kapasitas e-

mail, perlindungan terhadap virus,

bebas iklan, dan berbagai layanan

tambahan lainnya.

Gmail adalah salah satu penyedia

layanan  email tidak berbayar.Gmail

adalah layanan yang disediakan oleh

Google. Berikut beberapa fasilitas

yang dimiliki Gmail.

a. Memiliki kapasitas penampungan

e-mail yang besar. Secara terus

menerus kapasitas penampungan

tersebut selalu bertambah.

b. Memiliki fasilitas pencarian

(search) untuk membantu proses

pencarian e-mail tertentu dalam

penampungan e-mail anda.

c. Mendapat layanan POP dan

Forwarding POP (Post Office

Protocol), ialah layanan untuk

mengunduh e-mail dari Gmail ke

komputer pribadi sehingga dapat

anda baca secara luring (offline).

d. Mendapat akses aplikasi Google

lainnya, antara lain :

1. Google Drive : Aplikasi ini

memungkinkan anda untuk

membuka lampiran dokumen secara

langsung tanpa mengunduh terlebih

dahulu

     2. Google Talk : Memungkinkan

semua pengguna Gmail untuk

berkomunikasi secara sinkron.

3. Google Calender :

Memungkinkan anda untuk

mengagendakan berbagai kegiatan.

DEFINISI KELAS MAYA , MANFAAT KELAS MAYA , JENIS

KELAS MAYA , DAN FITUR KELAS MAYA

PENGERTIAN.

Kelas maya atau yang biasa disebut virtual class

merupakan bentuk penerapan teknologi informasi di

bidang pendidikan, merupakan perubahan proses belajar

mengajar konvensional menjadi bentuk digital.

Proses pembelajaran kelas maya dapat berjalan apabila

didukung dengan pemanfaatan Teknologi

Informasi sebagai alat dukung.

Peran guru dalam proses pembelajaran yang

mengintegrasikan Teknologi Informasi diharapkan

sebagai fasilitator ( penyedia ), kolaborator, mentor,

pelatih, pengarah dan teman belajar serta dapat

memberikan pilihan dan tanggung jawab yang besar

kepada siswa untuk mengalami peristiwa belajar yang

real.

Sementara itu, peran siswa sendiri dalam proses

pembelajaran yang mengintegrasikan Teknologi

ini memungkinkan siswa menjadi partisipan

aktif. menghasilkan dan berbagi ( sharing) pengetahuan/

keterampilan serta berpartisipasi sebanyak mungkin

sebagaimana layaknya seorang ahli dalam bidangnya,

belajar secara otodidak dan berkolaboratif dengan siswa

lain.

FITUR KELAS MAYA.

1. Konten yang relevan dengan tujuan belajar.

2. Menggunakan metode instruksional seperti contoh

dan praktek untuk membantu belajar siswa.

3. Menggunakan elemen media seperti kalimat dan

gambar untuk mendistribusikan konten dan metode

belajar.

4. Pembelajaran dapat secara langsung dengan

instruktur (synchronous) ataupun belajar secara

individu atau otodidak (asynchronous).

5. Membangun wawasan dan teknik baru yang

dihubungkan dengan tujuan belajar.

JENIS KELAS MAYA

Learning Management System (LMS)

merupakan salah sebuah aplikasi perangkat lunak untuk

perencanaan, pengiriman, dan pengelolaan kegiatan

dalam sebuah organisasi pembelajaran, termasuk

pembelajaran daring (online), ruang kelas virtual, dan

program instruktur yang terpimpin. Contoh dari LMS

antara lain; Moodle, Dokeos, aTutor.

LCMS adalah sebuah aplikasi perangkat lunak untuk

mengelola konten pembelajaran dalam berbagai bidang

pelatihan dan pengembangan. LCMS tidak hanya dapat

membuat, mengelola, dan memberikan modul-modul

pelatihan saja, tetapi juga mengelola dan menyunting

(edit) semua bagian yang membentuk sebuah katalog

pelatihan. Aplikasi LCMS memungkinkan pengguna

untuk membuat, mengimpor, mengelola, mencari, dan

menggunakan kembali unit kecil dari konten

pembelajaran digital dan aset, yang sering pula disebut

sebagai objek pembelajarandapat mencakup file media

yang dikembangkan dalam penilaian item, simulasi,

teks, gambar atau benda lain yang membentuk konten

dalam kursus tersebut diciptakan. Contoh dari LCMS

antara lain: Claroline,e-doceo solutions.

jejaring sosial untuk pembelajaran yang terjadi pada

skala yang lebih luas daripada kelompok belajar.

Mengingat skala sosialnya yang lebih besar, media ini

bagi sebagian peserta dapat menyebabkan pengubahan

sikap dan perilaku, sedangkan bagi sebagian lain tidak

menimbulkan dampak apa-apa.

Penggunaan jejaring sosial untuk pembelajaran di

Indonesia merupakan hal yang baru. Hal yang suka atau

tidak suka harus kita hadapi bersama adalah kenyataan

bahwa penggunaan komputer atau laptop masih jauh

dari merata di tanah air kita.

MANFAAT KELAS MAYA

-Di dalam pelaksanaan ‘Virtual Classroom’ terdapat

berbagai manfaat yang diperoleh oleh para pelajar.

Pembelajaran yang berasaskan IT mendorong pelajar

untuk meningkatkan pengetahuan dan prestasi mereka

di dalam penggunaan teknologi yang terkini bagi

mencapai matlamat mereka. Selain menambah ilmu

mereka juga dapat menaik taraf penggunaan media di

dalam kehidupan seharian mereka.


Ctt :

Rangkum di kertas . Bikin 6 paragraf ya na 🙏🙏👌

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sanlat ibna binafsik